Acara Wisata November 2017 yang Harus Dikunjungi Traveler

Terdapat 5 event wisata asyik di bulan November 2017, di sejumlah wilayah Indonesia. Siap-siap menonton balap kerbau hingga festival asyik di bibir pantai. Dari laporan Calendar of Events 2017 Kementerian Pariwisata, 5 acara wisata itu ialah Makepung Buffalo Races, Jogja International Heritage Walk, Lovely Toraja Festival, dan Banten Beach Festival.

Saya mulai dari Makepung Buffalo Races dulu, di Jembrana, Bali Barat. Ini festival kompetisi balap kerbau di persawahan yang sudah lama jadi tradisi warga setempat. Ratusan kerbau, bakal berkompetisi jadi yang terbaik dan yang tercepat. Puncak eventnya ialah pada tanggal 15 November di Desa Tuwed, namun ada 9 sirkuit yang musti dituntaskan lebih dulu semenjak bulan Juli. Pada saat puncak acaranya, umumnya ramai oleh wisatawan asing yang ingin menyaksikan langsung balap kerbau ini. Sekalian, mengabadikan suasana yang paling baik saat sang joki beraksi di atas gerobak yang terpasang dibelakang dua kerbau.

Berikutnya, Jogja International Heritage Walk segera digelar dari tanggal 19 sampai 20 November 2017. Acara ini digelar oleh Jogja Walking Association yang mana mengikut sertakan wisatawan baik domestik atau luar negeri untuk menelusuri keindahan, budaya dan tradisi kota Yogya dengan berjalan kaki.

Berbeda tahun, berbeda pula rute yang dapat dilewati. Di tahun ini, Jalurnya ialah jalan-jalan ke Candi Prambanan dan Imogiri. Tahun yang lalu saja, Jogja International Heritage Walk disertai oleh 3. 000 peserta dari bermacam-macam negara. Bila mau ikut, mari daftar di situs resminya.

Anda yang ingin tahu dengan kebudayaan Toraja di Sulawesi Selatan, boleh ikut acara Lovely Toraja. Tanggalnya masih tentatif, namun kalau melihat dari tahun 2015 yang lalu, dilangsungkan di bulan November. Ada beberapa acara seru yang bisa diikuti, ialah mencicipi kopi Toraja yang terpopuler dengan cuma-cuma. Mengingat tahun lalu, event di Lovely Toraja misalnya lari wisata massal, pameran dan ragam suguhan kuliner. Tak lupa, wisatawan yang mengikuti juga tentu diajak menelusuri kuburan di Toraja yang amat sakral!

Masih tetap dari tanah Sulawesi, janganlah melewatkan Festival Danau Matano yang rencananya bakal diadakan di ujung bulan November yang akan datang. Danau Matano itupun, terletak di Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan. Terdapat pertunjukan seni, musik, pemilahan putra putri Danau Matano, lomba perahu hias, perahu dayung, lomba tangkap ikan dan olahraga air. Pengunjung pun akan dibikin takjub atas keelokan Danau Matano, dan wisata di sekitarnya misalnya Gua Air Matano, Gua Tengkorak, Mata Air Danau Matano (Bura-bura) dan Benteng Matano.

Buat awal bulan November, wisatawan Jakarta dan sekelilingnya harus berlibur ke Bandung. Seperti tahun 2015 yang belum lama ini pada tanggal 6-8 November diselenggarakan Bandung International Digital Art Festival (BIDAF).

Demikianlah festival ala Bandung yang menyajikan seniman-seniman Indonesia dan luar negeri. Mereka akan membuat pengunjung terpana dengan karya seni kartun, pertunjukan intermedia, musik digital, seni robotic dan interactive installation. Siap- bersiap-siap dibuat terpukau!

Belakangan, terdapat Banten Beach Festival yang rencananya akan diselenggarakan pada akhir bulan November 2017. Berdasarkan namanya, festival ini dilangsungkan di pinggir pantai di Banten yang mana tahun yg lalu berlangsung di Pantai Tawing.

Terdapat tema yang berbeda-beda di tiap tahun. Tahun 2014 silam, Banten beach Festival mengangkat konsep budaya, dengan atraksi debus dengan anggota paling banyak yang memecahkan pencapaian MURI. Akan tetapi di tahun 2015 kemarin, kawannya ialah pantai dan layang-layang. Pastinya, tidak hanya mengikuti rangkaian acaranya, wisatawan bisa bermain di pantai-pantai eksotis yang terdapat di Banten.

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.